Beranda > Peristiwa > FACEBOOK HARAM

FACEBOOK HARAM

Ada -ada aja yang dibahas oleh dunia maupun negeri kita saat  ini, bikin shock para pemakai teknologi informasi, semuanya digaris kan untuk haram, entah dari kacamata mana, teropong siapa, tiba-tiba aja gak ada petus (red:petir) menyalak kata haram untuk sebuah kategori yang lagi digandrungi semua kalangan.

Jika disigi tentang pemanfaatan Facebook adalah untuk daya guna berkomunikasi, menggali atau tukar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi umat apapun, hal itu jelas tidak bisa dibilang haram.

Nah, bila pemanfaatan Facebook untuk berkomunikasi dalam hal-hal yang terlarang, baik secara hukum positif di Indonesia, maupun menurut norma-norma Islam, ataupun yang menjurus ke arah negativ maka penggunaan sarana tersebut bisa dikategorikan haram.

Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya, tapi sebaliknya, bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam melakukan perbuatan jahat, maka hukum Islam pun tak membolehkan.

Jadi kalau saya pribadi melihat kedudukan Facebook itu haram atau tidak, maka akan kita lihat dari segi manfaat dan mudarat. Kalau manfaatnya lebih besar untuk kebajikan atau kemaslahatan umat, maka pemanfaatan Facebook bagi kaum Muslim boleh-boleh saja. Tapi sebaliknya jika negatif, maka itu jelas – jelas haram, bagi siapapun.

Iklan
Kategori:Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: