Beranda > Peristiwa > Agam : Miliki Fundamental Yang Kokoh Untuk Lakukan E-Procurement

Agam : Miliki Fundamental Yang Kokoh Untuk Lakukan E-Procurement

Warta-eGov.com, Pemerintah Kabupaten Agam, Sumbar memang baru dalam tahap merencanakan untuk melakukan lelang dengan system e-procurement, namun hal-hal yang fundamental telah dibangun untuk membangun mekanisme tender pengadaan barang dan jasa secara transparan, efektif dan efisien.

Bupati Agam, Drs. H. Aristo Munandar dalam acara tender serentak II 2009 Kabupaten Agam menyatakan kedepan pelaksanaan lelang secara serentak akan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) melalui internet.

Setelah berhasil melakukan tender tahap I pada Maret 2009, kini Pemerintah Kabupaten Agam bersiap melakukan tender tahap kedua yang digelar di GOR Rang Agam pada Kamis (23/4) yang melibatkan 9 SKPD dengan 58 paket dan total dana sebesar Rp13.870.742.012. Bupati menyatakan pada tender tahap pertama, panitia barang dan jasa menerima 6 surat sanggahan dan banding hingga tingkat bupati dari rekanan. Sanggahan harus dipandang sebagai bentuk apresiasi pihak penyedia barang/jasa dan masyarakat luas terhadap proses pelelangan, termasuk pelaksanaan tender serentak.

H. Aristo Munandar seperti dikabarkan http://www.singgalang.com menyatakan pelaksanaan tender secara serentak memiliki tujuan yang strategis dalam suksesnya tender yang berkualitas. Yang terutama adalah mempercepat pelaksanaan anggaran dan kegiatan, upaya peningkatan trasnparansi, dan yang tak kalah pentingnya adalah efisiensi.

Pemkab Agam dalam penyelenggaraan tender, tidak membentuk secara khusus unit layanan pengadaan yang bertugas dan bertanggungjawab atas seluruh pelelangan, yang ada hanyalah fasilitasi dari pemkab. Walau demikian prestasi yang ditunjukan cukup baik pada tender serentak, tahap pertama Pemkab berhasil melakukan efisiensi sebesar Rp5 miliar lebih dari pagu dana sebesar Rp51 miliar dan sukses melelang 100 dari 111 paket yang direncanakan.Sehingga dana tersebut dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam perubahan anggaran, ujar Ketua Tim Fasilitasi Tender Serentak II 2009, H. Junaidi dan Dt. Gampo Alam NH, B.Sc, SH.

Setiap SKPD memiliki peran sentral dalam pelaksanaan lelang dan setiap panitia di masing-masing SKPD bertanggung jawab sepenuhnya dalam pelaksanaan lelang secara serentak. “Berhasil tidaknya proses pelelangan berada pada panitia dan pengguna barang/jasa,” jelas Aristo Munandar.

Aristo menegaskan untuk meningkatkan kualitas pengadaan barang dan jasa maka Pemkab Agam kelak akan melaksanakan pengadaan barang/jasa pemerintah dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) melalui internet.

Iklan
Kategori:Peristiwa
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: