Beranda > www.sumbaronline.com > Pejuang Veteran 45 Butuh Perhatian Pemkab

Pejuang Veteran 45 Butuh Perhatian Pemkab

Lebih 60 orang pejuang veteran dari berbagai kecamatan di Kabupaten Agam diajak berdialog di ruangan Aula Kantor Kantor Bupati Agam, usai upacara HUT RI ke 65,  Senin (17/8).

Dialog yang dihadiri oleh Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, Penjabat Bupati Agam Surya Dharma Sabirin, Wakapolres dan beberapa usur pimpinan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kabupaten Agam berlangsung alot.

Salah satu dari pejuang veteran Hasri Kanil St. Marajo mantan wali nagari ungai Landia, mencoba mengkritisi dengan nada sedikit kecewa ketika beliau mengatakan “ Kami para pejuang veteran yang sudah tua dan berumur di undang datang untuk memeriahkan HUT RI ke 65 dengan segala upaya berusaha hadir dan tegak berdiri untuk sekedar melihat berkibarnya bendera merah putih sampai ke ujung tiang, tapi (mohon maaf) kenapa ketika mata tua ini merayap dan menyapu satu-satu keberadaan dari para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam banyak yang tidak hadir”.

Sontak dan bikin kaget, kritik yang dilontarkan tersebut membuat seisi ruangan aula menjadi hening sejenak.

Tidak sampai disitu saja, Pejuang Veteran lain yang bernama Iman  berasal dari Palupuh, memohon agar Pemkab Agam bisa membuatkan sebuah situs berupa tugu pahlawan sebagai simbol perjuangan dan apresiasi untuk para pejuang dan pahlawan yang telah rela berkorban jiwa dan raga dari pernjajah untuk bangsa Indonesia khususnya daerah Kabupaten Agam.

Lain lagi halnya dengan ibu Rohaya Pengurus LVRI angkatan 45, harapannya kedepan agar DPRD Kab. Agam bisa mengusulkan nantinya kemudian bisa memasukan kedalam anggaran daerah biaya ulang tahun untuk LVRI dan organisasi kepahlawanan lainnya.

H. Anwar pejuang veteran dari IV Koto, menyuarakan aspirasi dari para teman-teman nya angkatan 45, agar setiap kuburan para pejuang serta yang meninggal nantinya di berikan tanda juang diatas kuburuan mereka serta diberikan penhormatan terakhir. Tanda juang yang beliau maksudkan adalah berupa sebuah bamboo runcing yang nantinya di tancapkan di atas kuburan dekat dengan batu nisan para pejuang.

Para veteran yang hadir dalam ruangan aula kantor Bupati Agam, sering memuji dan beberapa kali menyebutkan nama Sekretaris Daerah (Sekda) Agam Syafirman yang sangat peduli dan selalu memberikan perhatian khusus kepada mereka.

Diujung dialog ini, penjabat Bupati Agam Surya Dharma Ali, bisa memberikan wejangan serta menenangkan hati para pejuang berkat jawaban dan terobosan-terobosan yang beliau lontarkan, beliaupun siap membantu dengan tangan terbuka untuk setiap kali jika para pejuang veteran kab. Agam ini membutuhkan beliau nantinya, “seandainya saya tidak ada dikantor silahkan hunbungi nomor ponsel atau telepon saya, kalau perlu dating aja langsung kerumah dinas, saya akan menerima dan menampung harapan serta aspirasi dari bapak-bapak semua”, katanya mengakhiri sembari menutup dialog tersebut.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kab. Agam, Marga Indra Putra, ketika Garda Minang mengkonfirmasikan seputar pertanyaan dari salah satu pejuang veteran tentang sedikitnya anggota dewan yang hadir mengikuti upacara HUT RI ke 65 di lapangan Kantor Bupati Agam usai acara dialog menjawab, “anggota dewan kebanyakan mengikuti uapacara di masing-masing kecamatan  sekaligus sebagai pembaca  teks proklamasi kemerdekan, biasanya tidak lebih dari 4 orang anggota dewan yang mengikuti upacara di setiap kecamatan. Dan lebihnya mengikuti upacara bendera di pusat Kabupaten Agam”, tukuknya mengakhiri.(wdp).

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: