Beranda > Berita, Penghargaan > MEDIA CENTER KAB. AGAM JUARA II NASIONAL

MEDIA CENTER KAB. AGAM JUARA II NASIONAL

AGAM—Keberadaan Agam Media Center yang baru berumur satu tahun terus menunjukkan perannya. Sebagai tempat berkumpulnya insan media cetak maupun elektronik dalam menyampaikan informasi kebijakan pemerintah daerah kepada masyarakat. Diawali dengan memanfaatkan gedung Litbang yang direhab ringan di penghujung tahun 2009 lalu dengan fasilitas pendukung anggaran daerah yang minim hanya mampu menyediakan tiga perangkat computer tambahan, sampai mendapatkan bantuan penguatan Media Center dari Badan Informasi Publik Kementerian Kominfo RI berupa lima unit computer, printer dan scanner serta perlatan pendukung untuk akses internet.

Mantan Kepala Dinas kominfo, Rahman, SIp, Miazuddin serta Harmen Wartawan Senior Media Cetak, Robert CEP,S.Sos, M.Si, Zainuddin Koto RSU Dan Wendry D Putra, S.Kom beserta teman-teman yang peduli dan haus akan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat untuk kabupaten Agam merupakan “mata penggagas” awal berdirinya Agam Media Center yang lebih di kenal dengan AMC sekarang beserta kuat nya aura dari mantan Bupati Agam Aristo Munandar untuk kepeduliannya akan media center sebagai pendamping pemerintah dalam penyebarluasan informasi.

Di awal pergerakan AMC banyak kalangan memandang sebelah mata, tapi banyak juga menyatakan salut dengan terobosan berani yang telah dibuat untuk mengapungkan informasi Kabupaten Agam agar bisa lebih “mengaum” di tingkat nasional.

Peran AMC terlihat jelas saat Sumatera Barat khususnya Kabupaten Agam kena bencana Gempa dan Longsor pada tahun 2009 yang menjadikan Kabupaten Agam sebagai Kabupaten Rawan bencana. Informasi yang di tangkap pusat dan beberapa daerah di kawasan indonesia berawal dari pemberitaan yang bertubi-tubi di upload AMC melalui media online sehingga semua mata mulai tertuju ke Agam dari http://www.agammediacenter.blogspot.com/.

Dengan dana seadanya, roda AMC perlahan-lahan mulai menampakkan relnya, dimana hampir semua mata mulai tertuju ke AMC, dan AMC menjadi sarangnya para kuli tinta, siswa dan masyarakat untuk “menggoreng” informasi melalui fasilitas yang telah di berikan BIP.

Bukan itu saja, banyak dari Kabupaten dan Kota lain yang melakukan study banding ke Agam Media Center termasuk dari luar provinsi Sumatera Barat.

Dengan memanfaatkan semaksimal mungkin peralatan bantuan bagi usaha menyebarkan informasi kepada masyarakat selama ini rupaya menjadi bahan pertimbangan utama bagi BIP Kemkominfo untuk Agam Media Center mendapatkan reward. “Keberhasilan Dinas Kominfo memanfaatkan secara maksimal peran Media Center, BIP Kemkominfo memberikan apresiasi dengan kembali memberikan bantuan berupa dana sosialisasi tentang Informasi publik yang sudah hampir rampung di kerjakan Agam media center pada oktober 2010, dan di penghujung tahun 2010 peralatan komputer lengkappun akan kembali diberikan BIP untuk AMC, yang akan tiba dalam beberapa hari kedepan,”kata Drs. Eryanson di dampingi Kabid Pemberitaan Syahrul Hamidi, SH yang beberapa hari lalu berada di Jakarta menghadiri pertemuan yang diselenggarakan BIP Kemkominfo untuk menerima bantuan.

Menurutnya dengan adanya bantuan penguatan Media Center untuk kedua kalinya ini, diharapkan peran Media Center di masa yang akan datang akan mampu melayani informasi secara menyeluruh.

Sementara pengelola Media Center Kabupaten Agam, Wendry Desya Putra, S.Kom selaku Koordinator AMC berharap di tahun mendatang Kemkominfo memberikan bantuan operasional berupa kendaraan dinas roda empat, sehingga akan mempercepat dalam melakukan liputan kegiatan pemerintah. Hal ini karena kendaraan operasional yang juga bantuan kementerian pusat (ex deppen) sudah tidak layak pakai lagi, dan sering rusak.”Saya sangat berharap Kemkominfo tahun depan memberi bantuan mobil operasional/unit bagi Media Center, karena kondisi mobil yang ada sudah sering rusak.

 

Hal yang sangat membahagiakan dan mengejutkan datangnya dari Kemkominfo RI yang langsung memberikan kabar ke Bupati Agam Ir. Indra Catri. MSP Dt. Malako Nan Putiah bahwa Media Center Kabupaten Agam Keluar sebagai Juara II Media Center terbaik Tingkat Nasional, dan mendapatkan dana bantuan 100 juta, pada Juara I Media Center terbaik adalah Kabupaten Kulonprogo dan Juara ke III Pontianak, Jumat (10/11).

Bantuan tersebut berupa, 1 buah Laptop, 5 buah PC multimedia, 5 buah UPS, 1 buah Scanner, 1 buah Printer, 1 buah Switch hub, 1 buah Modem, perangkat jaringan serta akses internet speedy.

Kategori:Berita, Penghargaan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: