Beranda > www.sumbaronline.com > Indra Catri : Angkat Citra Agam Dengan Gerakan Toilet Bersih

Indra Catri : Angkat Citra Agam Dengan Gerakan Toilet Bersih

WC ataupun toilet adalah sebuah sebutan yang intinya adalah tempat pembuangan terakhir (hajat) yang hanya sebuah ruang kecil dari sebuah bangunan seperti pekantoran, rumah, mesjid ataupun fasilitas umum.

Budaya hidup sehat dan bersih seseorang bisa dilihat dari sebuah ruang kecil yang kita sebut dengan toilet atupun wc, walaupun letaknya selalu terpinggirkan kadang dibelakang ataupun disamping bangunan tapi justru memberikan gambaran sejauhmana para penghuni, pengelola dan para pengguna sarana sanitasi itu berkomitmen tentang kebersihan.

Beranjak dari sebuah kata kebersihan, dimanapun dan pada kesempatan apapun Bupati Agam Ir. H. Indra Catri MSP Dt Malako Nan Putiah selalu menyuarakan Hidup Sehat, Hidup Indah, Hidup Bersih itu berawal dari sebuah toilet.

Kebersihan merupakan sebahagian dari Iman, jika semuanya bersih maka pikiran dan hatipun akan jadi tenang dan pikiran akan menjadi jernih.

Komitmen tinggi tentang budaya bersih dan hidup sehat dari orang nomor satu di Kabupaten Agam tersebut patut diancungi jempol, harus bisa dijabarkan dan didukung secara luas oleh sebuah mata rantai yaitu masyarakat, baik secara individu, komunitas maupun secara kelembagaan.

Jika gerakan toilet bersih telah gencar disuarakan, tanpa adanya peran aktif dari para mata rantai, program yang digembar gemborkanpun tidak akan mencapai titik klimaks kemungkinan hanya menghasilkan dagelan pepesan kosong belaka.

Toilet hanya merupakan sebuah simbol dari sebuah gerakan, ruang lingkupnya terletak bagaimana tata cara pengelolaan pada sarana MCK, semua itu butuh sinergi dari semua elemen agar bisa tercipta lingkungan rumah, perkantoran, sekolah, mesjid dan lainnya menjadi berkilau dan indah.

Semoga, Target Kabupaten Agam sebagai Pelopor hidup Bersih di Ranah Minang dengan bermula dari sebuah toilet akan bisa memberikan dampak positif disemua lini, dengan toilet bersih orang pun akan merasa nyaman berlama-lama di Agam, dengan toilet bersih wisatawan pun bisa dipancing untuk datang ke Kabupaten Agam, dengan toilet bersih lingkungan sekitar kita akan lebih indah dan asri.(wdp)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: