Beranda > Artikel, Berita, Penghargaan > AMC, SIMPUL JARINGAN DISEMINASI INFORMASI STRATEGIS PUSAT DAN DAERAH

AMC, SIMPUL JARINGAN DISEMINASI INFORMASI STRATEGIS PUSAT DAN DAERAH

Kemajuan Teknologi Informasi yang bermukim dalam dunia maya saat ini tidak lagi menjadi barang tabu bagi user dimanapun berada. Dari awal klik maupun dengan sentuhan semua informasi terpampang jelas dihadapan mata. Amazing..!

Bak jamur dimusim hujan, media digital ini mampu menyelubungi dunia dengan “gebrakan” updatingnya yang persekian detik hingga menggugah para pengguna untuk terus mengikuti perkembangan terbaru sebuah informasi.

Salah satunya adalah media teknologi digital milik Pemerintah Daerah Kabupaten Agam sebagai sarana informasi dan pusat data yaitu Agam Media Center yang lebih dikenal dengan singkatan AMC.

Awal Berdirinya AMC adalah berkat dukungan dan dorongan yang kuat dari para wartawan yang ada di Kabupaten Agam, apalagi pada saat itu Pemerintah Pusat Republik Indonesia sedang melakukan “lirikan” ke daerah-daerah yang berpotensi mendapatkan bantuan dan penguatan Media Center sebagai penyebarluasan informasi publik yang menjadi Simpul Jaringan Diseminasi Informasi Strategis Antara Pusat dan Daerah.

Alhamdulillah, AMC akhirnya berdiri bertepatan dengan Ranah Minang di “hoyak gampo” tahun 2009. Dengan alat sekedarnya dengan kondisi listrik mati, bermodalkan baterai laptop dan telpon ruangan sespri Bupati AMC mulai mengemas data dan menyebarkan “umpan” tentang kondisi Kabupaten Agam, AMC diharapkan mampu men-siar-kan tentang “luka dan duka” Kabupaten Agam hari itu juga ke dunia luar.

Akibatnya, cuma berselang satu hari Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) republik Indonesia via sekjen Badan Informasi Publik Bpk Supomo langsung memberi sinyal dan mersepon berita dan informasi dari AMC Agam yang kemudian mulai tersebar “merajalela” di dunia maya media elektronik dan media cetak. Sehingga bantuanpun berdatangan ke Kabupaten Agam, begitupun dengan LSM dan organisasi kemanusiaan lainnya yang berposko dan online di Kantor AMC sekarang.

Salah satu tugas rutin AMC yaitu mengumpulkan seluruh data dan informasi dari stake holder yang ada di Kabupaten Agam untuk “digoreng” menjadi sebuah informasi dan promosi Kabupaten Agam keluar.

AMC dengan url http://agammediacenter.blogspot.com jika disearching via paman google ternyata blog yang terbilang masih berumur kurang dari 2 tahun ini mampu menghipnotiis dunia maya Sekitar 1,220,000 hasil (0.05 detik) mesin pencari memunculkan absensinya.

Sebagai Media baru yang dikerjakan para awak yang masih newbie dan terjalnya jalan untuk mengapai sebuah bintang tetap bertahan dengan bermodalkan komitmen bersama untuk sebuah karya yang nyata bukan sekedar teori dan retorika, ternyata setelah diukur statistiknya mampu juga bertengger dan menjadi media paling dicari saat ini oleh para pemburu berita mapun penikmat berita dan informasi tentang Kabupaten Agam baik di Kabupaten Agam sendiri maupun dari kalangan perantau Agam yang tersebar di berbagai provinsi dan belahan dunia.

Butiran setetes keringat ini menjadikan Blog AMC dikunjungi setiap harinya sekitar angka 147 – 448 orang, merupakan sebuah hal yang “mencengangkan” diluar perkiraan bagi para awak AMC yang masih hijau pembelajaran dalam menghidangkan makanan lezat untuk sebuah informasi.

Semoga kedepannya, sesuatu hal yang telah digapai saat ini tidak membuat AMC “dininabobokan” tapi menjadikannya sebuah perekat hubungan dan komunikasi yang indah, sebagai cambuk “pelecut” untuk lebih mampu berkarya dan berbenah setiap detik dan setiap saat, continiu…untukm mewujudkan visi dan Misi AMC “Membangun Transformasi Budaya Informasi Masyarakat Menuju Kabupaten Agam Online IT 2015”.(Wendry Desya Putra, S.Kom Koordinator Agam Media Center-AMC Dinas komunikasi Dan Informatika Kabupaten Agam)

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: