Cyber Crime

Pengertian

Kata CYBER merupakan singkatan dari kata CYBERSPACE, istilah CYBERSPACE diaplikasikan untuk dunia yang terhubung atau online keinternet (JohnPerryBarlow:1990), Sedangkan CRIME berarti KEJAHATAN, kejahatan merupakan suatu tindakan antisosial yang merugikan,tidakpantas,tidakdapat

CYBERCRIME dapat diartikan sebagai kejahatan siber atau kejahatan dunia maya yang didefinisikan sebagai:jenis kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan sebuah teknologi informasi tanpa batas serta memiliki karakteristik yang kuat dengan sebuah rekayasa teknologi yang mengandalkan kepada tingkat keamanan yang tinggi dan kredibilitas dari sebuah informasi yang disampaikan dan diakses oleh pelanggan internet.(IndraSafitri)

Sejarah Cyber Crime

Awal mula penyerangan di dunia Cyber pada tahun 1988 yang lebih dikenal dengan istilah Cyber Attack.  Pada saat itu ada seseorang mahasiswa berhasil menciptakan sebuah worm atau virus yang menyerang program computer dan mematikan sekitar 10 % dari seluruh jumlah komputer di dunia yang terhubung ke internet.

Pada tahun 1994 seseorang anak sekolah musik yang berusia 16 tahun yang bernama Richard pryce, atau yang lebih dikenal sebagai “the  Hacker” alias “DataStream Cowboy”, ditahan lantaran masuk secara ilegal ke dalam ratusan sistem komputer rahasia termasuk pusat data dari Griffits Air Force, NASA dan Korean Atomic Research Institute atau badan penelitian atom Korea.

Dalam introgasinya dengan FBI, ia mengaku belajar hacking dancracking dari seorang yang dikenalnya lewat internet dan menjadikannya seorang mentor, yang memiliki julukan “Kuji”, Hebatnya, hingga saat ini sang mentor pun tidak pernah diketahui keberadaannya.

Hingga akhirnya, pada bulan Februari 1995, giliran Kevin Mitnick diganjar hukuman penjara untuk yang kedua kalinya.  Dia dituntut dengan tuduhan telah mencuri sekitar 20.000 nomor kartu kredit.  Bahkan, ketika ia bebas, ia menceritakan kondisinya di penjara yang tidak boleh menyentuh komputer atau telepon.

Perkembangan Cyber Crime di Indonesia

Walau di dunia nyata Indonesia dianggap sebagai salah satu negara terbelakang, namun prestasi yang sangat gemilang te berhasil ditorehkan oleh para hacker, cracker dan carder lokal.  Hasil “kerja keras” mereka selama ini telah menempatkan Indonesia sebagai negara no.2 dalam kasus pencurian kartu kredit tersebut di dunia.   Bukan hanya itu, berbagai tindak kejahatan typosite alias pencatutan alamat website suatu perusahaan untuk digunakan demi kepentingan pribadi juga tidak kalah maraknya.

Misal kasus pencurian domain perusahaan kosmetik martha Tilaar beberapa waktu lalu yang disusul dengan perusahaan lain seperti http://www.Redtial.or.id, Satelindo.co.id.BCA, http://www.2800.com dan yang terbaru adalah pengrusakan situs KPU.go.id yang dilakukan oleh Deny Firmansya, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kasus Cyber Crime di Indonesia

Terdakwa Tjandra Sugiono, Presiden Direktur PT.Djagomas, perusahaan di bidang teknologi informasi, menantu Ratna Pranata, adik kandung Martha Tilaar, bos Sari Ayu-saingan PT.Mustika Ratu milik Mooryati Sudibyo.

Tjandra dituduh telah membajak nama domain http://www.mustika-ratu.com di situs dunia maya

Menurut Jaksa Suhardi, Tjandra, yang lulus computer science dari universitas North Eastern, Amerika, mendaftarkan nama domain Mustika Ratu ke Network Solution Inc. Di Amerika, pada 7 Oktober 1999.

Ketika itu Tjandra sebagai Manajer Umum Pemasaran Internasional PT.Martina Bertho, produsen jamu dan kosmetik tradisional Sari Ayu, bertugas memasarkan produk Sari Ayu di luar negeri.

Situs Mustika Ratu buatan Tjandra justru menampilkan produk sari ayu .

Perbuatan Tjandra tergolong persaingan curang dengan cara menipu masyarakat konsumen dan merugikan Mustika Ratu.

Karenanya, Jaksa membidik Tjandra dengan pasal 382 bis KUHP, yang berancaman maksimal hukuman setahun empat bulan penjara, dan Pasal 19 Huruf b dan Pasal 48 Ayat (1) Undang-Undang Antimonopoli dan persaingan Usaha Tidak Sehat, dengan denda minimum Rp 25 miliar atau maksimum Rp 100 miliar.

Pada September 2000 ia telah mencabut domain itu dari Network Solution dan mengembalikannya kepada Mustika Ratu.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: