Beranda > Berita, CIO (Chief Information Officer), Penghargaan > CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO) JABATAN STRATEGIS PERPADUAN MANAJEMEN TI/SI

CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO) JABATAN STRATEGIS PERPADUAN MANAJEMEN TI/SI

POSISI CIO DI BAWAH SEKDA

POSISI CIO DI BAWAH SEKDA

POSISI CIO DI LEVEL BADAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jakarta, (Kominfo) – People, Proccess dan Technology adalah tiga faktor utama yang harus sinergi dalam pembangunan ICT, ungkap Ka.Badan Litbang SDM Kominfo, Aizirman Djusan, M.Sc, Econ pada pembukaan Bimtek dan Sertifikasi Profesi Government Chief Information Officer di Hotel Morrissey Jakarta, 29 Feb-3 Maret 2012. Investasi Infrastruktur TIK tanpa dibarengi dengan peningkatan SDM (people) hanya akan menciptakan museum teknologi. Perangkat TIK tidak dapat digunakan secara optimal tanpa SDM yang sesuai. Chief Information Officer (CIO) adalah sebuah jabatan strategis yang memadukan teknologi dan sistem informasi dengan aspek-aspek manajemen lainnya agar dapat memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasi. Seharusnya materi GCIO ini juga disampaikan pada pendidikan pimpinan yang ada di Lemhanas, jabatan ini berkaitan erat dengan system ketahanan negara dibidang Informasi, sehingga diperlukan pemahanan/awareness yang memadai bagi para SDM Pimpinan di Indonesia papar Dr. Ir. Rudy Agus Gemilang Gultom, Kabag Multimedia Biro Telematika Lemhanas RI dalam sela-sela diskusi Bimtek.

Hadir beberapa Eselon II dari berbagai Kementerian/LPNK sebagai peserta Bimtek dan Sertifikasi G-CIO, antara lain; Marhum Batubara, Ka. Biro Humas dan TU Pimpinan BAPPENAS, Johny F. Djafar, MM dari BKPM, Johny P. Kusumo, Asdep Datin Kementerian Lingkungan Hidup, Farah Herliantini, Kabag Humas Kemenko Perekonomian, Frans Barung, Kasubag Humas POLRI, dan beberapa lainnya. Peserta Bimtek dan Sertifikasi G-CIO wilayah DKI Jakarta 2012 diikuti oleh 54 peserta, yang berasal dari Instansi Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Adapaun pemateri yang mengisi pada Bimtek G-CIO antara lain Mr. Guejo Jo, Senior Programme Officer UN-APCICT/ ESCAP (PBB), Yudhogini sucahyo, Ph.D (UI), Hanif Fachrureza, Ph.D (ITB), Dr.Rudi Hartanto (UGM), Dr.Surya Supeno (ITS), Prof. Dr.Joko Lianto (ITS), Dr.Lukito Edi Nugroho (UGM), Dana Indra. S, Ph.D (UI), Edi Triono, Ph.D (ITB).

Demi menjamin implementasi pembangunan TIK di Indonesia, telah dibentuk Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Impres No.3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, dilanjutkan dengan peraturan menteri Kominfo No 41 tahun 2007 tentang tata  kelola TIK. Kami sudah memposisikan CIO pada tataran Eselon I, kami juga sudah memiliki setidak nya sepuluh peraturan turunan dari Permenkominfo no 41 tahun 2007 tentang tata kelola TIK ungkap Rachmad Solik, Kabid Perencanaan dan Kebijakan TIK Kementerian Keuangan RI. Efek yang dihasilkan dari implementasi TIK berdasar peraturan-peraturan tersebut mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas bagi organisasi. Hal senada juga disampaikan Johny F. Djafar, MM bahwa tata kelola TIK di BKPM mampu mengefektifkan koordinasi dan pelayanan dalam bidang Penanaman Modal secara lebih cepat.

Materi inti yang disampaikan dalam Bimtek G-CIO berupa; Strategi dan Kebijakan TI (1), ITSP & IT Performance(2), E-Government(3), Keamanan Informasi & Penjaminan Informasi (4), Process Change Management(5), Manajemen Proyek dan Pengadaan TIK(6), Manajemen Investasi TI Sektor Pemerintah(7), Enterprise Architecture(8).

Bimtek dan Sertifikasi Profesi G-CIO ini diharapkan mampu menciptakan Pejabat CIO di pemerintah yang mampu menjamin ketersediaan informasi secara akurat, berkesinambungan dan aman guna kelancaran koordinasi, perencanaan, operasional dan evaluasi di Instansi masing-masing. Melalui SDM G-CIO ini pula, visi tercapainya masyarakat informatif Indonesia menuju daya saing bangsa dapat segera tercapai. Demikian  harapan Prof. Dr. Gati Gayatri, MA, selaku Ketua Panitia sekaligus Kepala Puslitbang Literasi dan Profesi SDM Kominfo, yang juga merupakan Profesor Riset Kementerian Kominfo RI.

Sumber : http://kominfo.go.id/berita_kementrian/detail/2544/Pelaksanaan+Bimtek+dan+Sertifikasi+G-CIO

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: