Beranda > CIO (Chief Information Officer) > Kompetensi Seorang CIO

Kompetensi Seorang CIO

Dengan semakin pentingnya peranan teknologi informasi dalam suatu perusahaan maupun Pemerintahan maka dibutuhkan seseorang yang bertanggungjawab terhadap kelancaran teknologi informasi dan komunikasi. Dalam suatu perusahaan maupun Pemerintahan tanggungjawab teknologi informasi dan Komunikasi diberikan kepada seseorang yang disebut sebagai Chief Information Officer (CIO).

Sebagai Seorang Chief Information Officer (CIO) di Perusahaan dan Pemerintahan Memiliki Perananan Sebagai Berikut :

A. Antisipasi.

Kemampuan mengenali perkembangan, potensi teknologi dan bisnis TIK dalam konteks pemanfaatan peluang bagi organisasi dan transformasi organisasi

B. Memimpin.

Merumuskan visi dan misi; menterjemahkannya menjadi tujuan organisasi; kemudian menjalankan dan memimpin organisasi TIK untuk mencapai hasil-hasil sesuai visi, misi dan tujuan organisasi

C. Strategi.

Mengenali pengaruh TIK terhadap organisasi, menentukan arah / strategi TIK yang menjamin adanya kesesuain antara strategi bisnis dan strategi TIK

D. Mengorganisasikan.
Menentukan dan menjamin tatakelola TIK yang benar dan baik dalam organisasi sehingga dinamika organisasi selalu menuju pada tujuannya.

E. Penyediaan.
Menjamin ketersediaan layanan TIK bagi organisasi untuk dapat mencapai tujuan bisnisnya

Pengukuran dan pengembangan.
Mendemonstrasikan dan melakukan pengukuran nilai dari TIK, secara proaktif mengatur performansi berdasarkan hasil yang didapatkan serta mendistribusikan teknik baru hasil pengembangan, alat dan pendekatan yang dilakukan.

Berdasarkan peran-peran CIO seperti yang dijelaskan tersebut maka seorang CIO harus mempunyai tiga kelompok kompetensi:

1. Kompetensi teknis yaitu kompetensi penguasaan teknologi informasi

>jaringan informasi, arsitektur teknologi informasi, basis data multimedia, pemrograman Internet / Web, keamanan teknologi informasi, tatakelola teknologi informasi, business continuity planning, manajemen layanan teknologi informasi

2. Kompetensi manajemen teknologi informasi

>statistika bisnis dan analisa kuantitatif, perencanaan strategis teknologi informasi, manajemen proyek teknologi informasi

3. Kompetensi kepemimpinan

>manajemen perubahan, kepemimpinan bisnis .

Salah satu tujuan Program S2 CIO dirancang pemerintah pusat  untuk mengembangkan mahasiswa CIO agar memiliki ketiga kelompok kompetensi tersebut sehingga lulusannya dapat berperan sebagai CIO yang kompeten.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik standar kompetensi atau kompetensi minimum yang harus dimiliki oleh manajer teknologi informasi CIO yaitu

(1) Berorientasi Strategis,

(2) Membangun Hubungan,

(3) Mengembangkan Orang Lain,

(4) Memimpin Kelompok,

(5) Percaya Diri,

(6) Mendesain jaringan komputer,

(7) Memelihara pelayanan Website,

(8) Menggunakan dan Menginstalasi Database,

(9) Memecahkan masalah hardware dan software.

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: