Beranda > Artikel, CIO (Chief Information Officer) > CIO dan pengembang strategis

CIO dan pengembang strategis

CIO (Chief Information Officer) adalah suatu jabatan dalam organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) yang mempunyai peran sebagai pemimpin dalampenyediaan informasi bagi kelangsungan hidup organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. CIO menjadi semakin vital di era informasi dimana eksistensi organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan dalam memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). CIO sendiri secara fungsional membawahi tiga divisi: Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Manajemen Informasi. Divisi Sistem Informasi berfungsi untuk menganalisa kebutuhan informasi dari sebuah perusahaan baik saat ini maupun di kemudian hari nanti (aspek demand dari informasi) secara prinsip ada dua jenis aktivitas yang harus dilakukan oleh divisi ini :

a. Business Supports merupakan fungsi untuk selalu memonitor kebutuhan manajemen perusahaan akan informasi sebagai penunjang dalam menjalankan aktivitas bisnis sehari-hari, mengevaluasi tingkat efektifitas penggunaan aplikasi bisnis yang ada dan mengusulkan aplikasi-aplikasi tambahan maupun terhadap yang telah dimiliki dan mendefinisikan kebutuhan-kebuthan baru.

b. Information System Studies merupakan suatu forum penelitian dan pengembangan yang bertanggung jawab untuk selalu memantau perkembangan teknologi di industri dimana perusahaan tersebut beroperasi, terutama bagaimana para kompetitor memanfaatkannya atau merencanakan strategi untuk memanfaatkannya. Secara berkala, forum ini akan mempresentasikan kepada manajemen puncak kesempatan-kesempatan bisnis yang mungkin di lakukan di kemudian hari melalui implementasi perangkat teknologi informasi yang baru Tim ini pula yang akan menjadi penasehat utama CIO dalam usaha mengembangkan sistem informasi perusahaan. CIO supaya bermanfaat bagi bisnis perusahaan adalah dengan memberikan keleluasaan bagi CIO untuk pengembangan strategis perusahaan dengan melakukan secara proaktif membentuk visi TI sebagai bagian dari strategi e-bisnis proyek pengembangan aplikasi TI ditempatkan bersama-sama dengan usaha e-bussines untuk membentuk pusat keahlian bisnis yang banyak menggunakan TI memberikan pelatihan kepada staff secara kontinu agar pengembangan aplikasi tersebut dapat dipergunakan semaksimal mungkin keuntungan bisnis perusahaan

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: