Beranda > Kemanan Jaringan > Ayo, Secure PC/Laptop…!!

Ayo, Secure PC/Laptop…!!

Worm Blaster dan virus lainnya baru permulaan. Dengan modul-modul yang tersedia di Internet, seseorang yang tidak mengerti pemrograman pun dapat menciptakan virus licik dan  menyebarkannya ke dunia digital. Banjir ‘pembunuh’ dari Internet tidak akan pernah surut. Lagipula, bukan hanya virus, trojan, atau worm yang menjadi ancaman bagi data dalam jaringan pribadi. Hacker dari berbagai negara juga berupaya menyerang PC di seluruh dunia—dan sering berhasil. Kurangnya kesadaran keamanan membantu hacker. Pengguna yang tidak melindungi PC dalam jaringan di rumahnya (karena kurangnya kesadaran akan keamanan), berarti memberi peluang untuk diserang.
Hacker hanya perlu men-scan beberapa port, mengakses PC melalui celah yang ditemukan tersebut, dan dapat merusak dokumen atau mengintip data penting Anda. Walaupun berbagai media tak henti-hentinya berbicara tentang masalah ini, masih banyak saja pengguna yang tidak menggunakan firewall maupun virus scanner. Tindakan masa bodoh seperti ini sama saja dengan mengundang hacker.
Melindungi PC dengan cepat Dengan beberapa trik sederhana Anda sudah dapat mencegah hacker menyusup ke jaringan Anda; atau setidaknya mempersulit kegiatan mereka. Bagaimana caranya, CHIP akan menunjukkannya dalam workshop ini. Pertama, lakukan segera langkah pengamanan kilat tingkat pertama. Dengan mengikuti langkah ini Anda akan memiliki perlindungan menyeluruh untuk jaringan dan PC Anda. Jika ini  dirasakan belum cukup dan Anda menginginkan keamanan yang lebih tinggi, lakukan langkah pengamanan tingkat kedua. Di tingkat tertinggi ini Anda dapat membaca bagaimana cara menginstalasi firewall untuk memblokir setiap hacker, atau bagaimana membagikan hak akses dengan benar.

Langkah-Langkah Menangkal Serangan
Trik-trik di bawah ini tidak perlu waktu lama. Langkah kilat dalam workshop ini menawarkan perlindungan dasar yang baik terhadap berbagai jenis serangan web.
– Menginstalasi Virus Scanner
Langkah pertama untuk menciptakan jaringan yang aman, dilakukan pada PC lokal. Instalasikan sebuah virus scanner, yang tidak hanya menyingkirkan virus, worm, atau perusak lainnya, tetapi juga dapat melindungi dari serangan scr i pt. Karena itu, proteksi ini wajib Anda lakukan. Tool antivirus gratisan dapat memberikan perlindungan yang memadai. Lebih aman lagi jika Anda melindungi diri dengan program komersial yang juga menawarkan proteksi terhadap virus scr i pt dan worm yang bersembunyi dalam e-mail. Program komersial yang patut disarankan antara lain Norton Antivirus 2004 dari Symantec (www.symantec.com) atau Virus-Scan 8.0 dari MacAfee (www.mcafee.com). Kedua program komersial ini juga terdapat di CHIP-CD. Tak jadi soal, apakah Anda memilih freeware atau software komersial, ada satu hal yang perlu Anda lakukan: Meng-update database virus secara teratur. Download database ciri-ciri (signature) virus dari halaman support produsen, sekurang-kurangnya sebulan sekali (disarankan seminggu sekali). Setelah Anda menginstalasi software antivirus, jalankan proses scan menyeluruh pada PC. Dengan langkah ini Anda dapat memastikan bahwa tidak ada perusak yang telah menyerang PC Anda.
– Mengcopy Windows Patch Secara Teratur.
Setelah Worm Blaster ‘meledak,’ Microsoft bereaksi dengan mengeluarkan patch untuk menutup celah keamanan yang ada. Dengan patch ini Anda dapat mencegah hacker mengakses PC dan data Anda. Firewall dan program antivirus juga bisa gagal jika masih banyak celah keamanan dalam sistem operasi. Karena itu, berlaku prinsip umum berikut: Ikuti system-update yang disediakan Microsoft ini secara teratur. Dalam setting default, Windows XP akan men-download update secara otomatis dan langsung menginstalasinya. Namun, fungsi update ini menjengkelkan banyak pengguna dan menganggap sepak-terjang Microsoft di sini jadi tidak terkontrol. Selain itu, laporan yang terus menerus muncul juga sangat mengganggu. Putuskan sendiri, apakah Anda lebih suka melakukan update secara otomatis atau manual. Mengaktifkan update otomatis: Dalam desktop, klik kanan ‘My Computer’ dan pilih ‘Properties’. Pilih tab ‘Automatic Updates’ dan aktifkan ‘Automatically download the updates …’, kemudian tentukan kapan Windows XP Home Edition harus melakukan tugas ini. Dalam praktek, setting ‘Every day/jam 21:00’ terbukti cukup tepat, karena kebanyakan pengguna menghidupkan PC-nya pada jam tersebut. Konfirmasikan dengan mengklik ‘OK’. Melakukan update manual: Kembali ke ‘Automatic Update’ dan aktifkan pilihan ‘Turn off automatic updating’, lalu klik ‘OK’. Mulai sekarang Anda harus mencari sendiri di website dan memutuskan apa yang harus di-download. Untuk melakukan update secara manual, pilih ‘Start | Programs | Windows Update’. Windows akan menghubungi website Microsoft dan mencari patch terbaru. Pilih patch yang Anda pikir tepat. Pada prinsipnya, di sini berlaku hal berikut: Semua update yang dianggap kritis oleh Microsoft perlu Anda instalasi. Sebaliknya, ‘Recommended Update’ tidak ada hubungannya dengan keamanan. Update ini diperlukan jika Anda memiliki masalah dengan salah satu komponen atau program Windows. Windows Me dan 2000: Pengguna Windows lainnya (bukan XP) juga perlu meng-update sistem operasi agar selalu aktual. Di sini Anda harus melakukannya secara manual dan dari waktu ke waktu dengan mengklik ‘Windows Update’. Windows akan menghubungi server update Microsoft dan mencari patch terbaru di sana, yang kemudian dapat Anda pilih.
– Menginstalasi Software Firewall
Agar hacker dan penyerang lainnya tidak dapat mengakses PC Anda, dibutuhkan sebuah firewall. Dengan tool ini Anda memblokir port tertentu yang merupakan sasaran para hacker. McAfee Firewall yang gratis dapat Anda temukan di internet. Setelah terinstalasi, ia dapat memberikan perlindungan yang bagus terhadap hacker dan ancaman lainnya. Walaupun demikian, performanya masih dapat ditingkatkan dan pengawasannya dapat diatur secara lebih rinci. Lebih lanjut mengenai hal ini baca bagian 2, ‘Proteksi profesional’.
– Menginstalasi Hardware Firewall
Jika Anda terhubung ke Internet melalui sebuah router, aktifkan firewall router yang disertakan. Karena interface router berbeda-beda, baca dengan cermat prosedur menghidupkan firewall dalam buku panduannya. Pada 99% router yang kini tersedia, Anda dapat mengubah setting-nya melalui sebuah tampilan web. Di sini akan diberikan beberapa tip dasar. Amankan dengan password agar router tidak dapat diubah oleh sebarang orang. Tergantung perangkatnya, Anda harus mencari ‘IP-Filter’, ‘Firewall’, ‘Port Blocking’, dan  ‘NAT-Portsharing’. Semua komputer menggunakan Network Address Translation (NAT).Artinya, semua PC menggunakan IP yang sama untuk keluar. Router secara otomatis akan meneruskan permintaan kepada PC dalam jaringan. Ini menyulitkan serangan dari luar, karena tidak dapat menghubungi sebuah PC secara langsung. Namun, kini banyak aplikasi yang membutuhkan hubungan langsung tersebut. Dalam hal ini router dapat menempatkan aplikasi tersebut dalam zona bebas firewall (Demilitarized Zone, DMZ). Tetapi hati-hati: Semua PC dalam zona ini memberi akses kepada siapa pun. Karena itu, sebaiknya instalasikan software firewall khusus untuk setiap PC dalam DMZ.

Bisa saja setelah segala langkah pengamanan dilakukan masih ada juga hacker yang lolos masuk ke dalam sistem. Namun, dengan trik berikut Anda dapat membatasi ruang geraknya dalam windows sejak awal. Pengguna Windows XP biasanya bekerja dengan hak administrator—sama dengan hacker. Karena itu, sebaiknya gunakan 2 account: Satu untuk bekerja, satu untuk ke Internet. Account untuk berselancar di Internet sebaiknya memiliki hak terbatas untuk mengurangi risiko. Dengan cara ini, hacker tak dapat mengubah banyak hal pada sistem.
Untuk membuat kedua account tersebut, klik ‘Start | Settings | Control Panel | User Accounts’. Pilih ‘Create a new account’ dan masukkan sebuah nama untuk account baru tersebut. Setelah mengklik ‘Next’, tandai ‘Limited’ dan klik ‘Create account’. Anda dapat berpindah dari satu account ke yang lainnya melalui ‘Start | Logoff’ dan mengklik ‘Switch User’.

Kategori:Kemanan Jaringan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: