Beranda > Artikel, CIO (Chief Information Officer) > CIO “MAGNET PALING VITAL DI ERA INFORMASI”

CIO “MAGNET PALING VITAL DI ERA INFORMASI”

Pesatnya laju perkembangan teknologi informasi saat ini, Kepimpinan CIO menjadi magnet berpengaruh paling kuat dalam mengoperasi organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba). Saat ini peran CIO semakin menentukan arah dan kemajuan sebuah organisasi . Sebab, CIO tidak lagi dipandang sebagai posisi yang hanya berkutat pada urusan teknologi semata. Tetapi, bagaimana teknologi yang dimiliki organisasi bisa menjadi senjata ampuh untuk strategi bisnis. Bertanggung jawab atas pengelolaan teknologi dan membuat teknologi informasi (TI). Untuk membuat roda organisasi tetap berputar, seiring dengan perkembangan jaman, CIO melekat sebagai ahli strategi.

 
CIO menjadi semakin vital di era informasi dimana eksistensi organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan dalam memperdayakan teknologi informasi. Organisasi memerlukan seorang inovator yang bisa mengintegrasikan antara visi organisasi dengan kemampuan sumber daya informasi. Dengan masuknya CIO dalam organisasi, teknologi yang digunakan oleh organisasi tersebut bisa lebih selaras dengan tujuan bisnis organisasi tersebut.

Dampak tersebut menjadikan Kepemimpinan Teknologi Informasi / Pejabat Pengelola Informasi / Chief Information Officer (CIO)  sebuah jabatan dalam organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) yang mempunyai peran kunci sebagai pemimpin dalam penyediaan informasi bagi kelangsungan hidup organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.

Bila menginginkan sebuah metamorfosis yang besar maka Seorang CIO harus memiliki kompetensi diantaranya;

1. Kompetensi Teknis Yaitu Kompetensi Penguasaan Tekologi Informasi  ; Jaringan informasi, arsitektur teknologi informasi, basis dan multimedia, pemrograman internet / Web, keamanan teknologi informasi, tatakelola teknologi informasi, business continuity planning, manajemen layanan teknologi informasi.

2. Kompetensi Manajemen Teknologi Informasi : statistik binis dan analisa kuantitatif, perencanaan strategis teknologi informasi, manajemen proyek teknologi informasi.

3. Kompetensi Kepemimpinan : manajemen komunikasi, manajemen strategis, manajemen perubahan, kepemimpinan binis.

Teknologi informasi merupakan salah satu keunggulan kompetitif bagi organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) masa kini, karena itu CIO juga harus memiliki pengetahuan tentang bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba agar dapat menggunakan teknologi dengan maksimal.

Dengan memiliki keunggulan dalam bidang informasi suatu organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) dapat menguasai pasar/masyarakat dan melakukan perubahan-perubahan yang efektif dan efisien bagi organisasi tersebut agar dapat bersaing dengan para kompetitor.

Oleh karena itu ketrampilan CIO sangat dibutuhkan dalam mengolah informasi yang tersedia menjadi suatu strategi yang dapat membantu menjadikan organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) menuju kesuksesan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: